Tujuan Pengembangan SDM


Tujuan pengembangan smber daya manusia mempunyai dua dimensi yaitu dimensi individual dan dimensi perusahaan/organisasi

Tujuan yang berdimensi individual mengacu kepada sesuatu yang dicapai oleh seorang karyawan/pegawai.

Tujuan berdimensi organisasi/perusahaan mengacu kepada apa yang dapat dicapai oleh institusi atau organisasi sebagai hasil dari program-program pengembangan sumber daya manusia.

Secara umum tujuan pengembangan sumber daya manusia adalah untuk memastikan bahwa organisasi mempunyai karyawan/pegawai yang berkualitas untuk mencapai tujuan organisasi untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan perusahaan/organisasi (Armstrong, 1997:507). 

Tujuan tersebut di atas dapat dicapai dengan memastikan bahwa setiap karyawan/pegawai dalam perusahaan/organisasi mempunyai pengetahuan dan keahlian dalam mencapai tingkat kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan mereka secara efektif.

Perlu juga diperhatikan bahwa dalam upaya pengembangan sumber daya manusia, kinerja individual dan kelompok adalah subjek untuk peningkatan yang berkelanjutan dan bahwa karyawan/pegawai dalam organisasi dikembangkan dalam cara yang sesuai untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh anggota organisasi/perusahaan tersebut.

Beberapa tujuan pengembangan sumber daya manusia  antara lain sebagai berikut: 

  1. Meningkatkan pengetahuan, skill, attitude agar produktivitas kerja juga meningkat.
  2. Meningkatkan  efisiensi kerja/pengelolaan perusahaan.
  3. Menguraangi resiko  kerusakan.
  4. Mengurangi angka kecelakaan.
  5. Meningkatkan mutu pelayanan.
  6. Memelihara moral/semangat kerja karyawan/ pegawai.
  7. Meningkatan/membuka peluang  karier.
  8. Meningkatkan kemampuan analytical thinking/konseptual.
  9. Meningkatkan kemampuan kepemimpinan.
  10. Peningkatan kemampuan antisipasi terhadap perubahan dll.

Dengan meningkatnya kemampuan karywan (skill, knowledge, attitude) karyawan/pegawai, baik konseptual, maupun teknikal, maka pengawalan bisnis perusahaan oleh karyawan/pegawai khususnya upaya pemberian pelayanan terbaik kepada customer/konsumen diharapkan akan terus berjalan lebih baik sesuai tujuan/sasaran perusahaan/organisasi.


Leave a Reply